Jumat, 11 November 2011

Mematikan Autorun pada Win Xp


Media yang paling sering menyebarkan virus adalah removeble disk seperti flash disk, floppy disk, dan Compact disk itu dikarenakan media tersebut memiliki akses dalam penggunaan file autorun.inf. File ini berfungsi sebagai commad otomatis untuk menjalankan perintah yang ada didalamnya, jadi jika pada media yang telah disebutkan diatas terdapat file autorun.inf maka sistem oprasi pada windows akan membaca file tersebut kemudian mengikuti instruksi yang diperintahkan pada file autorun.inf.
Autorun dibagi menjadi beberapa bagian yaitu [Autorun], [Content], [ExclusiveContentPaths], [IgnoreContentPaths], dan [DeviceInstall].
  • Open : berfungsi sebagai perintah menjalankan file yang berjenis exe
  • Action : berfungsi menampilakn pesan ketika dialog autoplay muncul
  • Shellexecute :  memberikan perintah pembukaan file hampir sama seperti open tapi tidak hanya membuka file berekstensi .exe
  • Icon : untuk memberikan icon pada media anda
  • Label : memberikan nama pada media
Karena kemampuan autorun dalam mengeksekusi file .exe maka para pembuat virus memanfaatkan fasilistas tersebut untuk menginfeksi mangsanya dimana mereka memanipulasi autorun menuju file yang terinfeksi virus sehingga bila kita menggunakan flashdisk atau lainnya maka akan otomatis tereksekusi yang kena deh.
Eit, tunggu dulu gimana dong caranya biar kita tidak mengalami hal seperti itu caranya gampang koq.
  1. buka command run windows+r
  2. ketikan gpedit.msc
  3. setelah dialog Group Policy tampil pilih User Configuration -> Administrative Templates -> System lihat pada tab Turn off Autoplay klik.
  4. Pada saat dialog muncul pilih setting -> pilih Enabled disana akan ditampilkan media apa saja yang ingin dimatikan layanan autorunnya.
  5. Pada Turn off Autoplay off : pilih All Drives sehingga semua seperti flashdisk dan compact disk yang memiliki file autorun tidak akan dieksekusi
  6. Kemudian klik Ok
Untuk pengetesan jalankan Cd atau flashdisk yang memiliki file autorun.inf , maka windows tidak akan membaca file autorun dalam flasdisk atau flashdisk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar