Jumat, 18 November 2011

Cara Daftar Sitemap Blog WordPress di Google


sitemap-diagram.gif (400×300)Secara sederhana, sitemap (peta situs) adalah halaman HTML yang mengandung daftar semua halaman yang ada di suatu situs (web or blog). Peta ini dapat berbentuk XML (untuk Google) dan TXT (untuk Yahoo).


Daftar sitemap blog wordpress kita akan membantu meyakinkan Googlemengetahui semua halaman di blog kita, termasuk URL yang tidak ditemukan saat proses-proses penggerayangan oleh “laba-laba” Google. Di Google, kita bisa mendaftar 2 sitemap yaitu sitemap dan news sitemap. Sitemap untuk mesin pencari google, sementara news sitemap untuk google news.
Untuk daftar kedua sitemap itu, pemilik blog wordpres tidak perlu repot-repot membuatnya karena sudah disediakan oleh wordpress. Sebagai info, bentuk sitemap adalah yourblogname.wordpress.com/sitemap.xml, sedangkan  news sitemap adalah yourblogname.wordpress.com/news-sitemap.xml.
Penting diingat, syarat agar Anda bisa daftar sitemap blog di Google adalah anda harus punya email Gmail dan sudah memverifikasi blog Anda. Bila belum melakukan verifikasi atau blog wordpress Anda belum terverifikasi, ikuti panduannya di cara verifikasi blog  di Google.
Anyway, di bawah ini adalah cara-cara daftar sitemap di Google. Supaya gambar-gambarnya lebih jelas, silakan arahkan kursor Anda ke gambar tersebut, lalu klik kanan dan  open in new windows.
  • Bila Anda sudah memverifikasi blog wordpress, saat Anda login di Google Webmaster Tools akan ada tampilan Dashboard seperti ini. Lihat bagian yang saya kotaki biru. Klik Add.
mendaftarkan-sitemap_1.jpg (866×624) 
  • Akan muncul tampilan sitemap. Yang dikotaki merah adalah jumlah sitemap kita. Bila 0, berarti kita belum mendaftarkannya. Masukkan ujung alamat sitemap kita. Pada contoh ini, saya ketik news-sitemap.xml. Ini untuk daftar new-sitemap. Lalu klik Submit sitemap.
mendaftarkan-sitemap_2.jpg (866×624)
  • Akan muncul tampilan seperti di bawah. Bila diamati, status pendaftaran: Pending (karena Google perlu beberapa menit untuk up date), statistik sitemap akan terlihat Total URLs:0.  Lanjutkan dengan daftar sitemap.xml di tempat yang saya lingkari biru. Klik submit sitemap.
mendaftarkan-sitemap_3.jpg (866×624)
  • Karena Google butuh waktu untuk up date, Anda bisa Sign Out atau baca-baca artikel bagus yang ada di dalam Google Webmaster Tools.
  • Setelah setengah jam (ini pengalaman saya lho), login (bila Anda sudah sign out) ke Google webmaster Tools. Klik menus sitemap. Bila sudah diupdate oleh Google,  tampilannya akan seperti ini.
mendaftarkan-sitemap_4.jpg (866×624)
  • Lihat Detail untuk informasi sitemap kita. Tampilannya seperti ini.

  • mendaftarkan-sitemap_5.jpg (866×624)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar